الأربعاء، 2 يناير 2013

kurangnya minat remaja terhadap karya sastra


Saat ini banyak remaja yang kurang berminat untuk membaca karya sastra. Alasan mereka pun bermacam-macam. Kadang mereka merasa karya sastra itu sesuatu yang membosankan atau mereka merasa karya sastra itu hanya untuk kalangan orang tua. Mereka lebih suka membaca teenlit yang sederhana di bandingkan dengan karya sastra yang serius dan berat. Selain itu,menurut remaja zaman sekarang,mereka lebih baik belajar bahasa asing daripada karya sastra Indonesia. Kadang sebagian remaja juga berpikir, bahwa karya sastra Indonesia seperti puisi ataupun drama  itu “alay’’. Selain itu juga, pihak sekolah tidak mengenalkan karya-karya sastra sejak dini atau mereka mengajarkan karya sastra pada saat mata pelajaran bahasa Indonesia,namun tidak dikupas secara mendalam. Padahal sastra sangat penting untuk menciptakan suatu tingkah laku dan budaya seseorang.Selain itu karya sastra khususnya sastra Indonesia juga penting untuk menunjukan identitas dan pribadi bangsa. Bukan hanya sekedar cerita yang menarik dan berisi percintaan, atau kehidupan remaja yang selalu bahagia,dan kekayaan.
Terkadang sebagian besar teenlit hanya bercerita tentang remaja yang selama bersekolah hanya berhaha-hihi saja dan itu tidak mencontohkan sesuatu yang baik. Namun teenlit tidak selalu negatif. Karena teenlit, Indonesia banyak menghasilkan penulis-penulis muda yang berbakat dan terkenal seperti Asma Nadia,Clio Freya,dan Esti Kinarsih. Mereka tidak hanya menciptakan novel kehidupan remaja yang serba mewah tapi juga nilai-nilai kehidupan yang berarti.Sekolah seharusnya juga bisa membuat suatu terobosan agar remaja-remaja masa kini dan masa depan bisa menyukai sastra ataupun kesusastraan. Orang tua juga memiliki andil paling besar yaitu membiasakan atau memperkenalkan anak kepada dunia sastra seperti drama ataupun puisi sejak dini. Selain itu lembaga-lembaga seperti kementerian pendidikan dan kebudayaan juga harus bisa bersikap tegas, karena apa yang di katakan Karl Max itu benar, bahwa ketika suatu bangsa ekonominya tidak sejahtera maka bangsa tersebut tidak akan dapat menikmati sastra dengan seksama

هناك تعليق واحد:

  1. MGM Resorts, LLC: Employee Directory | JTM Hub
    Job Description. MGM Resorts, 전라북도 출장안마 LLC is a United 밀양 출장마사지 States Company. View the complete MGM Resorts, 하남 출장안마 LLC 양산 출장마사지 profile on 고양 출장안마 JTM Hub.

    ردحذف